Jumat

Wisata Cianjur

Kabupaten Cianjur yang berada di wilayah Jawa Barat ini memiliki banyak sekali obyek pariwisata, sebagian di antaranya sudah banyak yang mengenal, tapi juga ada sebagian yang masih perlu dipublikasikan. Salah satu obyek wisata yang cukup dikenal adalah Taman Nasional (TN) Gunung Gede Pangrango yang merupakan tempat wisata yang alami dan sangat cocok untuk Anda yang hobi hiking dan climbing. Bila Anda menelusuri TN Gunung Gede Pangrango ini akan banyak menemui obyek-obyek menarik, berupa air terjun, padang rumput, bunga anggrek, dan beberapa jenis hewan yang hidup di kawasan tersebut.

Untuk mulai mendaki Anda bisa melalui pintu pendakian yang ada di dekat Kebun Raya Cibodas. Tentunya Anda harus mempersiapkan dahulu segala perlengkapan untuk pendakian, dan yang pasti kondisi kesehatan harus benar-benar fit. Untuk Anda yang hobi mengkoleksi bunga, Anda bisa berkunjung ke Taman Bunga Nusantara. Sesuai dengan namanya, tentunya tempat itu penuh dengan beraneka ragam bunga. Jika Anda berkunjung ke sana, pengetahuan Anda tentang bunga pasti akan bertambah, khususnya bunga yang berasal dari luar negeri. Anda pun bisa langsung membelinya di counter penjualan.

Taman Bunga Nusantara yang berada tak jauh dari perumahan Kota Bunga itu memang banyak mengkoleksi tanaman bunga dari berbagai negara di dunia, selain juga tanaman dari Indonesia sendiri. Hampir sama dengan Taman Bunga Nusantara, ada lagi tempat yang juga mengkoleksi tanaman bunga, yaitu Kebun Wisata Inkarla. Letaknya tak jauh dari Kebun Raya Cibodas. Sedangkan untuk Kebun Raya Cibodas sendiri tentunya juga sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan. Obyek wisata itu tidak hanya sekedar tempat rekreasi, tapi juga sebagai tempat konservasi dan observasi tumbuh-tumbuhan.

Sangat tepat untuk menambah pengetahuan bagi siswa-siswa sekolah, karena di sana banyak terdapat beragam jenis tumbuhan, baik yang langka maupun tumbuhan eksotis. Di bagian belakang Kebun Raya Cibodas, setelah keluar pintu gerbang belakang terdapat kawasan wisata sayuran yang bernama Wisata Agropolitan, Kawasan ini dikelola langsung oleh pemerintah daerah setempat. Anda bisa ikut menanam dan memetik sendiri sayuran, seperti wortel, kol, sawi dan sebagainya. tempatnya yang berada di ketinggian ini sangat indah sekali. Hamparan kebun sayur terlihat segar dan menghijau.

Wisata Belanja
Di daerah Cipanas, tepatnya di kawasan pasar Cipanas yang berada di pinggir jalan raya, banyak sekali pedagang yang menjual aneka buah dan sayuran, seperti wortel, sawi, kol, timun, tomat, alpukat, pisang dan lain-lain. Harganya pun relatif murah, asalkan Anda pintar menawar, pasti akan dapat harga yang miring.

Lalu, jika Anda menelusuri jalan raya Cipanas ke arah Cianjur Kota, Anda akan menemui sebuah tempat yang menampilkan aneka kerajinan tangan khas Cianjur. Tepatnya di daerah tapal kuda, Gedung Pusat Kerajinan Daerah Cianjur tersebut berada persis di sisi kanan jalan. Beragam bentuk kerajinan tangan dipamerkan di sana, mulai dari miniatur kecapi suling, angklung, gitar mini, gantungan kunci, lampu hias, bunga plastik dan masih banyak lagi. Nah, itulah sebagian kecil dari obyek wisata yang ada di Kabupaten Cianjur, sebenarnya masih banyak lagi obyek wisata menarik lainnya, seperti Kebun Strawberry yang ada di daerah Pacet, Pantai Jayanti, Curug Citambur dan lain-lain.

Curug Citambur
Curug Citambur terletak di Kecamatan Pagelaran. Jarak dari kota Cianjur 65 Km. Curug ini sangat indah dan menarik untuk dikunjungi, tingginya lebih kurang 40 meter. Air yang turun sebagian menjadi uap dan embun sehingga lokasi sekitar curug menjadi sejuk. Panorama disekitar curug ini pun masih begitu alami.

Danau Leuwi Soro
Danau Leuwi Soro cukup menarik untuk dikunjungi wisatawan, airnya bening dan dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan indah, sangat cocok untuk rekreasi sambil menghilangkan rasa jenuh. Lokasi danau ini berada di Kecamatan Pagelaran. Dari Kota Cianjur jaraknya lebih kurang 65 Km.

Pantai Jayanti
Pantai yang indah dan menarik ini berdampingan dengan Cagar Alam Bojonglarang dan pelabuhan nelayan. Pantai ini masih alami dengan ombak yang indah dan angin bertiup perlahan-lahan menambah nyamannya berekreasi tempat ini. Berlokasi di Kecamatan Cidaun, yang jaraknya 139 Km dari Kota Cianjur.

Gunung Gede
Gunung Gede merupakan tempat paling favorit untuk pendakian dan berkemah. Hampir setiap pekan, ada saja pencinta alam yang mendaki puncak Gunung Gede setinggi 2.958 meter itu. Dari puncak Gunung Gede dapat disaksikan kota-kota terdekat, seperti Cipanas di sebelah utara, Sukabumi di selatan, Bogor di barat laut, dan Cianjur di sebelah timur.

Situs Gunung Padang
Situs yang menarik untuk dikunjungi ini berada di Kampung Gunung Padang dan Kampung Panggulan, Desa Karyamukti Kecamatan Campaka, merupakan situs megalitik berbentuk punden berundak yang terbesar di Asia Tenggara. Di kalangan masyarakat setempat, situs ini dipercaya sebagai bukti upaya Prabu Siliwangi membangun istana dalam satu malam. Bangunannya terdiri dari lima teras dengan ukuran berbeda-beda. Batu-batu itu sama sekali belum mengalami sentuhan tangan manusia.

Sumber:
http://nathaliejane.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar